Jumat, 01 Februari 2013

Arti Sebuah Nama..


Nama adalah do’a ?!! Setiap orang yang lahir didunia ini pasti akan diberi nama yg berarti, entah oleh orang tuanya, keluarga, atau mungkin dari kerabat2 keluarganya. Harapan pemberian nama ini adl agar nantinya si anak akan memiliki sifat dan kepribadian yg sama dengan arti nama yang telah diberikan padanya. Kadang nama yg menurut kita kampungan, malah memiliki arti yang indah. Juga kadang sebaliknya, nama keren tapi enggak jelas maknanya.. 

Tidak hanya itu, kadang pemberian nama juga terinspirasi dari kronolgi kejadian, waktu, atau tempat kelahiran. Nih ya, aku punya temen namanya ‘Urip’. Eits, jangan tanya kepanjangan namanya, karena emang nama dia hanya ‘Urip’ aja.. hehe, ternyata ceritanya dulu pas lahir dia uda ga ada harapan buat hidup gitu, tapi berkat rahmat Tuhan, dia egk jadi mati. Mangkanya sama ortunya dikasi nama ‘Urip’!! yang artinya hidup.. dan Alhamdulillah Urip masih sehat wal afiat sampe sekarang :D

Trus ada lagi, aku pernah baca novel yg diangkat dari kisah nyata. Namanya Mika. Bagi seseorang, nama Mika itu berasal dari kata ‘Malaikat’. Soalnya dia datang bagai Malaikat yg membawa kebahagiaan dalam kehidupan pasangannya, yg kebetulan menderita cacat skoliosis. Tapi sebenernya nama Mika berasal dari kata ‘Miracle’ yg artinya keajaiban. Ketika dalam kandungan, Mika uda berkali-kali coba digugurin sama mamahnya. Tapi keajaiban yg ngebuat dia tetep ‘hadir’ didunia ini.

Nah, kalau kalian? Gimana? Udah tau makna dari nama kalian sendiri? Kalau belum, cepat cari tau ya?!! di note-ku kali ini, aku mau bahas tentang arti dari namaku sendiri. Hampir 18 tahun lalu aku dilahirin, dan menurut cerita nyokap, saat itu juga langsung dikasi nama sama bokap “Chandra Bimantara Vidiarta” yg emg sebelumnya uda disiapin beberapa nama buat aku. Kata mama, kalo yg keluar cowo sama papa mau dikasi nama itu. Trus kalo misalnya cewe, mau dinama-in ‘Bintang’ atau ‘Pelangi’.. ehm, sebenernya gapapa kan cowo namanya ‘Bintang’? Soalnya aku suka banget sama bintang.. tapi yaudalah, terima aja.. Chandra juga oke kan? Hehe..

Dimulai dari nama depanku, ‘Chandra’! Biar aku perjelas dulu spelling-nya ya? “C-H-A-N-D-R-A”.. bukan apa, kadang orang2 salah nulis namaku, bukan Chandra, tapi malah Candra.  Gak suka banget!!! Menurut papa, Chandra itu artinya Bulan… pasti uda ada dalam benak kalian tentang bulan kan? Bulan yg kasi cahaya dimalam hari, ketika Bumi gelap, Bulan yg jadi pelitanya.. ya meskipun itu bukan cahaya dari bulan sendiri, melainkan pantulan dari cahaya matahari. And, did you know? Matahari itu adalah arti dari nama papaku. Kalo dipikir-pikir, bulan hanya dapat bersinar dan terlihat indah kalau ada matahari yg menyinarinya bukan? Ya, memang seharusnya begitu! Tapi, bulan yg ini beda!! Tanpa mataharinya pun, bulan bisa bersinar dengan indah, InsyaAllah.. Buat matahariku, papa, dimanapun berada, terimakasih untuk nama indah penuh makna yg uda dipersembahin buat aku.. lihat Chandra disini pa, Chandra bisa tanpa Papa!!! :’) Aku tetap bersinar sampai saat ini, karena ada spektrum-spektrum cahaya lain yg enggak kalah terangnya, atau bahkan jauh lebih terang dari cahaya matahari yg selalu menyinari bulan ini, yaitu cinta dan kasih orang2 disekitarku. Terimakasih yang tak hingga buat kalian. U/ nenek yg uda merawat aku sejak kecil seorang diri, u/ mamah yg selalu doain Chandra,  guru2 yg uda bimbing aku, sahabat2 tercinta dan teman2 yg selalu mendukungku. Sekali lagi makasih banyak ya buat kalian semua, cahayaku.. kalian yg buat bulan ini jadi tetep kuat dan bersinar :* tanpa kalian semua, Chandra akan jadi bulan redup yg egk pernah akan nampak indah.. itu juga yg menjadi harapanku, bisa memberikan keindahan u/ semua orang. Cahaya bulan menerangi siapa saja ketika gelap datang bukan? u/ orang yg percaya sama aku, maybe somewhere.. kalo lagi kangen aku, coba keluar dan liat bulan di malam hari. Remember, Chandra itu bulan. aku juga punya kebiasaan liat bulan dan bintang di malam hari. Jadi sebenernya kita natap langit bareng, tapi ditempat yg berbeda..

Oke lanjut ke nama tengah-ku, ‘Bimantara’.. Nama bimantara juga sering jadi korban salah tulis. Huft!! Dulu di piagam ku yg tertulis bukan bimantara, tapi ‘Bimantoro’!! Oh my!!! Jawa banget!! Hahaha, pernah juga ditulisnya ‘Dimantara’. Gak makna! Oke cukup ngetawainnya. :D  Bimantara itu semacam Nusantara. Filosofinya apa ya? Emm.. nusantara itu luas, mencakup semuanya, kejayaan, kekuasaan, dan indah tentunya. Hihi.. entahlah bagaimana kalian menginterprestasikannya.. kalau digabungin, ‘Chandra Bimantara’ menurutku sih, Bulan yang bersinar indah ke seantero Nusantara.. Emm, bener egk sih? Oke, liat aja entar . . . ;-)

Next to my last name, ‘Vidiarta’.. Jrejeeng… pasti pada bertanya-tanya kan? “Emang ada embel-embel Vidiarta-nya??”. Ya, sebenernya emang ada. Nama awalku ‘Chandra Bimantara Vidiarta’. Vidiarta adalah gabungan dari nama mamah sama papa. Emang kreatif deh mereka.. wkwkwk.. cuman ya berhubung ‘something happened’ ya.. you-know-what lah.. so, my last name was removed dan egk dipake lagi. Katanya sih biar egk buka luka lama. Aku juga ogah punya nama panjang2.. pake nama depan dan tengah aja uda cukup. “Chandra Bimantara”. Dan nama ini yg sekarang tertera di akta lahir-ku, kartu pelajar, dan ID Card-ku.. Yah, inilah sejarah, arti, dan harapan  dari nama-ku.. kalau kamu?? 



NB : Tulisan ini aku buat pas kelas 3 SMK, dan pertama kali di posting di note Facebookku tanggal 23 Januari 2012. Jadi harap maklum kalo ada beberapa yang tidak sesuai, seperti pernyataan kalo umurku 18 tahun (sekarang udah 19), dan kata-kata "di note-ku kali ini, aku mau bahas..." hehe, ini kan udah blog, bukan note facebook lagi :)

6 komentar:

  1. sorry gag sengaja tiba-tiba pengen buka
    awalnya gag pengen baca,, tp di awal km nyebut nama belakangmu aku jd tertarik bwt baca
    you know lah namanya agak mirip jd agak pengen ketawa bacanya hehe (^o^)v

    dan aku menghargai bgt statement awal bahwa nama adalah doa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapainn pake sorry? jaim banget buat baca catetanku.. hhaha
      iya tapi sekarang udah dihapus nama belakangku.
      thanks udah mampir..

      Hapus
    2. haha dirimu sng kepedean :D

      tp kok bisa dihapus?? berarti ganti nama pun bisa ya??

      Hapus
    3. iya waktu itu aku masih belum buat akte lahir. jadi bisa diganti. hehe

      Hapus
    4. oh gtu,, km bkin akte umur brpa seh?? soalnya aku bikin akte pas umur 16th+ klo gak salah harus sm dgn surat keterangan lahir,,

      Hapus
    5. wah gatau aku udah lupa. kayanya umur 2 atau 4 tahun..

      Hapus