Senin, 22 April 2013

Move On Hari Pertama

Belakangan ini, gue terinspirasi banget dengan film buatan anak bangsa, “Radio Galu FM”. Film ini based on a true story guys, dari karya novel dan twitnya Bernard Batubara (@Benzbara). Pasti sebagian dari kalian udah pada pernah nonton kan? Gue sehari bisa muter nih film sampe 4 kali saking sukanya. Serius. Menurut gue alur ceritanya natular banget, sesuai sama cerita cinta remaja sekarang. Skenarionya juga gak garing, yang udah pernah nonton pasti ikutan ngakak juga kan? Hehe, lucu sih menurut gue. Tapi, yang paling gue suka dari film ini ada di bagian sedihnya dan akhir cerita dari film ini. Ya, lu tau lah, gue kan emang tipe-tipe melankolis gitu. Hehe..


Bagian sedih yang gue maksud itu pas Bara minta putus sama Velin, dan waktu Velin tau dia didua-in sama Bara. Tiap kata yang keluar dari bibir Velin, ditambah ekspresi Velin yang nyoba nahan tangisnya sambil ngomong, bener-bener nusuk banget waktu gue ngeliatnya. Pedih.

Tapi, yang menjadi inspirasi buat gue sekarang dari film ini adalah bagian endingnya. Tentang Move On! Waktu Bara diputusin sama Diandra (cewe yang dia tembak waktu masih pacaran sama Velin) dan Bara mulai sadar kalo Velin jauh lebih baik dan lebih tulus daripada Diandra, kemudian si Bara minta kesempatan kedua buat pacaran lagi sama Velin. Tapi sayangnya, gak ada kesempatan kedua buat Bara. Velin udah sama yang lain. Pasti kebayang kan, betapa galau dan menyesalnya si Bara saat itu? Tapi memang itu salah Bara sendiri sih. Gue juga pernah, pacaran sama cewe yang karakternya itu Velin banget. Manja, selalu minta diperhatiin, selalu minta didahuluin, apa-apa harus laporan, cemburuan (bahkan ke temen cowo, guru, kampus dan organisasi gue juga dicemburuin), suka ngomel, kalo lagi ada masalah diem aja, pas gue tanya “Kamu kenapa?”, jawabnya juga sama kaya si Velin, “Ga papa”, tapi bad mood seharian, kadang sampe berhari-hari.. Tapi gue ga kaya Bara, gue jauh lebih peka sama cewe gue dulu. Dan atas semua sikap dia yang seperti itu ke gue, gue ga pernah sampe stres kaya Bara dan gue pikir dia emang beneran sayang sama gue,  gue juga sayang banget sama dia. Sampe akhirnya, dia harus sama  orang lain. Gue harus pura-pura ikhlas & rela ngelepas dia, dan pergi selamanya dari kehidupan dia. Ini lah saat-saat terberat buat gue..


Oh ya, gue mau lanjutin dulu cerita tentang Move On di ending film ini. Waktu Bara galau dan patah hati, Bara dapet inspirasi dari Radio yang dia denger, yang kira-kira penyiarnya ngomong gini nih.. 
Banyak hal yang orang lakuin buat Move On. Ada yang nyari orang lain buat nyembuhin luka di hati, ada yang mendadak alim dan rajin sholat, ada juga yang rajin olahraga mungkin, terus ada juga yang mungkin fokus ngerjain skripsi. Pas pacaran kita tu seringkali terlalu fokus sama hubungan dengan pacar, kadang kita jadi lupa sama diri sendiri. Dan kadang juga, kita lupa sama mimpi-mimpi kita. Nah, Move On adalah awal dari segalanya. Move On adalah waktunya kembali bangkit, waktunya untuk fokus sama diri kita sendiri dan waktunya untuk mengejar mimpi yang mungkin ketika kemarin pacaran sempat tertunda.

Setelah denger itu, Bara langsung ngelanjutin tulisannya sampai selesai dan mengirimnya ke penerbit. Sampe akhirnya, tulisan dia resmi diterbitkan dan ada di toko-toko buku. Bara resmi jadi penulis novel. And finally, mimpi Bara sejak kecil kesampean juga.


Gue pengen kaya Bara. Gue harus bisa Move On seperti itu! Hari ini adalah hari pertama gue Move On. Gue juga ngucapin Basmallah untuk mulai Move On. Seperti yang diucapin Bara setelah denger siraman kalbu dari penyiar radio itu. Tapi... Gak semudah yang gue bayangkan. Move On emang mudah untuk diucapkan, sulit untuk dijelaskan. Dan lebih sulit lagi untuk dilakukan. Seperti Move On gue hari ini. Gue gak bisa konsen di kelas, gue juga gak bisa ketawa ngedenger banyolan dari dosen gue hari ini. Anehnya, temen-temen gue juga gak ketawa ngedengernya. Gue mikir, syukurlah yang lagi galau gak cuma gue, tapi sekelas pada galau semua. Terus tanggepan dari temen gue, katanya gue keliatan lemes hari ini. Tapi gue punya alasan kalo gue masih sakit. Terus juga waktu makan di warung. Gue makan sambil ngelamun. Gue makan gak berselera sama sekali.  Pelan-pelan gue nyuapin nasi ke mulut dan tetep ngelamun sampe habis. Tanpa gue sadar, ternyata gak Cuma nasi gue yang gua habisin, nasi di piring deket gue sisa orang lain yang beli sebelum gue dateng juga gue habisin! *hoeeek


Terus yang lebih parah, waktu gue di toilet kampus. Pesan-pesan dari mantan gue baru masuk semua waktu itu. Gue bener-bener gak kuat ngebacanya, gue nangis abis-abisan di toilet, gue pukul-pukul dinding tembok toilet. Jelas yang sakit bukan temboknya, tapi tangan gue. Dan sampe saat gue tulis cerita ini, masih lumayan sakit buat ngetik. Bener-bener ngerasa psycho banget gue tadi di toilet. Gue terlalu sayang. Tapi gue udah gak mungkin lagi bersama dia. Gue tersiksa banget. Gue pengen hilang ingatan. Itu do’a gue saat ini sama tuhan. Dan satu lagi, doa agar dia bisa bahagia. Tapi gue gak pengen lihat bahagianya, cukup tuhan ngabulin do’a gue. Itu aja.


Hmm.. bisa dibilang, Move On gue hari ini gagal total. Tapi gue ga akan nyerah. Gue akan terus coba Move On dan Move On. Gue bakal kejar mimpi-mimpi gue. Yang salah satunya sama kaya si Bara, gue pengen jadi penulis. Tapi mungkin itu bukan prioritas. Gue pengen mencetak prestasi gue gemilang di bidang akademik dan non akademik gue sebagai mahasiswa. Gue akan mulai membranded luas diri gue. Gue masih semester dua. Jalan gue masih panjang. Semoga gue bisa meraih itu semua. Aamiin.. Gue akan coba lebih fokus ke diri sendiri. Kalo kata Bara sih, Jombo terhormat. Jadi jomblo terhormat, why not?








NB : Setiap tulisan di blog gua adalah coretan-coretan ekspresi gua bener-bener dari hati. Gua gak lagi cari perhatian. Gua juga gak butuh dikasihani. Gak ada kaitan untuk pihak manapun.  Disini tempat gue berekspresi, sekaligus berlatih menulis. Mungkin suatu saat gue juga kaya Bara, jadi penulis. Siapa tau kan?

12 komentar:

  1. sorry ngintipin diary km chan,,
    cm pesen aja sih, "move on bukan berarti harus jadi orang lain"
    emg rada' aneh sikapmu, makanya aku inisiatif buka your blog

    tapi move on itu emg gk mudah, dirimu yg move on hari pertama aja ditulis di blog, pegimane ane yg brtahun" =="

    masih ada hari esok yg mesti dilalui selama di kasih kesempatan utk bernafas

    BalasHapus
  2. iya vid aku paham. aku gak lagi jadi orang lain. aku cuma meniru cara move on lain saja.
    thanks for visiting and leaving comment.
    thanks juga sarannya, bermanfaat..

    BalasHapus
  3. iya, sama"
    aku cuma inget diri ku sendiri aja, terlalu berpura-pura jadi org lain, pura-pura gk terjadi apa-apa dan pura-pura bahagia itu ternyata sakit
    awalnya emg enak, org lain jd gk ada yg kasihan sm aku tp lama-lama ntar dikira gk knpa2 beneran malah gk ada yg bisa diajak cerita buat melegakan
    aku juga suka nulis isi hatiku tp jarang yg aku dipublikasikan langsung

    aku paham kok, sulitnya move on kyk gimana
    tp kamu kn org yg sibuk, kesibukan bisa sedikit membantu

    by the way, lumayan tuh makan makanan sisa org,, itung2 mengenyangkan perut
    huahahahahaha...... ~(^o^)~~(^o^)~ v(^o^)v *peace

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya sih emang.. ini aku juga lagi mencari kesibukan dengan menulis. apalagi ntar liburan panjang.
      nulis emang cara yang cukup ampuh dari pada harus cerita ke orang lain.

      kenyang sih kenyang, tapi enneg kalo di inget inget. hehehe

      Hapus
  4. mantapnya masbro film nya gw jg sehari suka puter ni film 4 kali dah kaya makan aja srius...rasanya gw kbawa kdalam alur film itu sumpah gw banget...hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya kita senasib nih, sama-sama kecanduan film Radio Galau FM. hehe, tapi ada pelajaran yang bisa di ambil..

      Hapus
  5. hallo ka aku amel salam kenal yah :) kalo ngomongin dari film Radio Galau FM ini tuh bener2 ada story aku banget deh ka hha aku tuh ada di posisi velin kaa yaa emang sih sedikit pernah nyesel karna sifat aku yang emang manja dan bla bla blaa itu tapi kenapa sih yang bikin nyeseeek itu disaat kita mau bener2 berubah buat orang yang kita sayang itu dia malah berpaling heu mungkin emang yah kalo cowo udah bener2 stuck bete sama cewenya mereka itu bisa dengan mudah berpaling dan bahkan ninggalin cewenya gitu aja yah ? atau gimana nih pandangan ka candra sebagai cowo kalo kka udah bete sama cewenya dan gabisa kasih kesempatan kedua ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pepatah "tak ada gading yang tak retak" itu emang mutlak banget. juga dengan kepribadian seseorang, pasti ada positif negatifnya. kita gak mungkin pernah punya pasangan yang gak pernah bikin jengkel, bikin badmood, atau bikin kecewa. kuncinya sih, belajar menerima pasangan apa adanya, tapi juga sambil dibimbing ke arah yg lebih baik. kalo udah kaya gitu, jangankan kesempatan kedua, kesempatan ketiga keempat dst akan slalu terbuka. asalkan jangan melakukan satu kesalahan yang fatal banget, yaitu "berkhianat". wah, kalo udah kesalahan yang satu ini, aku yakin makhluk lain pun susah untuk memberikan kesempatan kedua.

      Hapus
  6. iyaa ka seharusnya mantan amel itu bisa kaya gitu tapi kenyataannya dia sekarang pengen lupain amel ka :( mungkin jalan yg terbaik amel memang harus bener bener bisa move on aja kali yah ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kamu bener. anggap aja ini jalan yg terbaik. toh perjalanan hidupmu InsyaAllah masih panjang. Saranku, jangan terlalu mikirin soal pacaran. jangan move on dengan cara sibuk mencari seseorang yg baru. tapi sibuklah memperbaiki diri sendiri. suatu saat pasti kamu bakal nemuin tambatan yg terbaik. InsyaAllah..

      Hapus
  7. iyaa ka bener banget amin amin hehe makasih banget sarannya :D

    BalasHapus
  8. gue sih cari kesibukan apa saja buat move on...

    BalasHapus